Selasa, 15 Desember 2015

Pengertian Leksikologi dan Leksikografi

 a. Pengertian
Secara etimologis, leksikologi berasal dari kata lexicon yang berarti kata atau kosa kata, dan logos  yang berarti ilmu. Leksikoggrafi berasal dari kata lexicon ‘kata atau kosa kata’, dan graphein, yang bermakna menulis. Ahli bidang leksikologi disebut leksikolog sedangkan ahli di bidang leksikografi dikenal dengan sebutan leksikograf.

Menilik tugasnya, leksikologi merupakan ilmu bahasa yang bersifat teoritis, sedangkan leksikografi merupakan ilmu bahasa yang bersifat terapan atau praktis.

Leksikologi ialah bidang ilmu bahasa yang mempelajari kosa kata yang menjadi landasan teoritis bagi leksikografi, yakni ilmu tentang cara penyusunan kamus (Doroszewski, dalam Suryani NS 2009).

b. Kesulitan-Kesulitan Leksikografi
Beberapa kesulitan yang sering ditemui dalam penyusunan kamus, antara lain karena adanya faktor-faktor:
1.         Lexical meaning, yaitu berkaitan dengan masalah leksikal suatu bahasa yang sangat luas dan terbuka terhadap pengaruh bahasa lain.
2.      Tatabahasa, meskipun leksikografi berada di luar linguistik tetapi tetap harus memperhatikan masalah tatabahasa.
3.      Penyeleksian, yaitu berkaitan dengan banyaknya kata-kata baru atau banyak kata-kata yang diasosiasikan berbeda-beda dalam masyarakat, sehingga para leksikolog harus dapat menyeleksi.

Selain itu hal-hal lain yang dianggap penting, diantaranya ialah masalah semantis yang berhubungan dengan tata arti kata. Yang tidak kalah pentingnya didalam penulisan kamus adalah kata-kata yang hampir lenyap atau punah serta kata-kata yang baru muncul.

c. Leksikografi Sebagai Ilmu Muskil
Ada beberapa alasan yang dapat dikemukakan mengapa leksikografi merupakan suatu bidang ilmu yang sangat muskil dalam ilmu bahasa.

1.      Leksikolog harus memiliki pengetahuan yang luas, diantaranya sistem kata, seperti: semantik, tatabahasa, stilistika, morfologi, dan sintaksis.

2.      Kenyataan bahwa untuk menetapkan makna kata yang tepat, seorang leksikolog selalu akan menghadapi kesulitan.

3.      Tugas leksikolog termasuk ke dalam tugas ilmiah. Akan tetapi hasil karyanya harus disajikan kepada masyarakat dalam bentuk praktis (berbentuk kamus). Pertimbangan komersial dan ilmiah selalu dihadapi oleh seorang leksikolog dalam menjalankan tugasnya.

d.  Objek Kajian Leksikografi
Pokok bahasa leksikologi maupun leksikografi adalah leksikon atau kosa kata. Pembahasan leksikografi dan leksikologi juga tidak terlepas dari masalah makna kata yang merupakan bidang kajian semantik (telaah makna).
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar